ST-LUMINOS menjadi Juara Harapan 2 dalam Bridge Design Competition (BDC) 2023 yang diselenggarakan oleh Nanyang Technological University Singapore

Sabtu, 15 April 2023 09:03 WIB

Perwakilan mahasiswa dari prodi Teknik sipil Universitas Muhammadiyah Malang berhasil meraih juara tingkat internasional dalam Bridge Design Competition (BDC) yang diselenggarakan oleh Nanyang Technological University CEE student's club, Nanyang Technological University, Singapura.

Bridge Design Competition (BDC) dilaksanakan mulai dari pendaftaran pada tanggal 7 Februari 2023 samapi dengan final pada tanggal 5 April 2023. Bridge Design Competition (BDC) yang diselenggarakan oleh Nanyang Technological University CEE student's club ini dibagi 3 tahapan, tahap penyisihan, tahap 15 besar, dan tahap final (5 besar). Untuk tahun ini, jumlah peserta ada 134 tim dari berbagai negara, yang dominan dari indonesia, singapura dan malaysia.

Di tahap penyisihan, masing masing team dituntut untuk mendesain jembatan yang kokoh, murah, ringan dan rendah emisi carbon. sedangkan tahap 15 besar, masing masing team diminta merencanakan jembatan, lengkap dengan jalan penghubungnya dalam bentuk proposal, yang mana masing masing team harus memperhatikan beberapa aspek seperti dampak pembangunan pada lingkungan sekitar, estetika jembatan, kenyamanan berkendara, dan beberapa hal lainnya yang telah dicantumkan dalam dokumen yang diberikan panitia. Di tahap penyisihan, masing masing team dituntut untuk mendesain jembatan yang kokoh, murah, ringan dan rendah emisi carbon. sedangkan tahap 15 besar, masing masing team diminta merencanakan jembatan, lengkap dengan jalan penghubungnya dalam bentuk proposal, yang mana masing masing team harus memperhatikan beberapa aspek seperti dampak pembangunan pada lingkungan sekitar, estetika jembatan, kenyamanan berkendara, dan beberapa hal lainnya yang telah dicantumkan dalam dokumen yang diberikan panitia.

Pada tahap akhir final, masing masing team yang lolos tahap akhir diminta mempresentasikan hasil kerja didepan dewan juri yang merupakan dosen dari Nanyang Technological University dalam waktu 15 menit dan sesi tanya jawab 5 menit melalui media zoom. berdasarkan akumulasi point antara nilai proposal dan presentasi, didapatkan peringkat 1-5 untuk menentukan juara dan hadiahnya. Pada saat pengumuman ST-LUMINOS berhasil mendapatkan peringkat ke 5 dari 134 peserta dari beberapa negara. Mereka adalah Dias Iqbal Muharrom, Fitriani Djusman, Geby Alvionita yang merupakan anggota team ST-LUMINOS.

Shared: