MAHASISWA TEKNIK SIPIL AWARDEE BEASISWA UNGGULAN 2023

Kamis, 19 Oktober 2023 20:21 WIB

           

 

Membanggakan, Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah  angkatan 2022 Muhammad Saiful Amin berhasil mendapatkan Beasiswa Unggulan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Beasiswa Unggulan adalah pemberian biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia pada perguruan tinggi penerima peserta didik program Beasiswa Unggulan pada jenjang S1, S2, dan S3.

 

Mahasiswa yang akrab disapa Saiful ini, mengaku tak menyangka akan lolos program beasiswa ini dan merasa sangat bersyukur usai melalui seleksi yang ketat. Persiapan yang dibutuhkan cukup panjang dan ia mengaku kewalahan

“Persiapan saya mengikuti beasiswa ini bisa dibilang cukup matang, saya mempersiapkan diri dengan cara mengikuti beberapa lomba seperti karya tulis ilmiah, lomba sains nasional, dll. Saya mendaftar beasiswa unggulan saat saya melaksanakan PMM (Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat), saya sedikit keteteran menyiapkan berkas karena saya di sebagai koordinator kelompok. Dengan penuh semangat, meski kewalahan berkas saya dapat terpenuhi dan walaupun hampir terlambat”. 

 

Tidak semudah itu untuk lolos beasiswa unggulan, ia harus bersaing dengan ribuan orang dan dia sempat ditolak pada batch pertama dan diterima pada batch ke 2 

“Namun saya kecewa karena mendapatkan kabar tidak lolos seleksi wawancara, namun saya masih berharap karena masih ada pengumuman untuk batch 2. Alhamdulillah pada batch 2 saya dinyatakan lulus sebagai awardee beasiswa unggulan 2023” jelasnya.

 

Saiful juga memaparkan harapannya setelah menjadi penerima Beasiswa Unggulan. Ia berharap semoga dirinya bisa cepat lulus dan bisa magang di perusahaan BUMN.

 “Dengan berusaha semaksimal mungkin untuk lulus tepat waktu dan meningkatkan prestasi saya di bidang yang relevan dengan jurusan saya. Pada essay saya, saya menjelaskan ketertarikan mempelajari dan mengembangkan implementasi aspal jalan menggunakan bahan campuran plastik di Indonesia agar proyek infrastruktur lebih ramah lingkungan dan lebih tahan lama kualitasnya. Dan selama studi di UMM saya akan berusaha ikut magang dari perusahaan BUMN seperti: PT Adhi Karya, PT Amarta Karya (Persero), PT PP (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk untuk mengasah kemampuan saya di lapangan saat pengerjaan proyek  infrastruktur.”

 

Secara khusus, ia berterima kasih kepada bapak Sandi Wahyudiono, S.T, M.T yang telah memberikan rekomendasi kepadanya untuk mengikuti Beasiswa Unggulan ini.Sebagai penutup, Saiful memberikan tips untuk pejuang awardee beasiswa

“Tetap semangat mengejar beasiswa, persiapkan prestasi sebanyak mungkin, karena tidak ada beasiswa yang tidak kompetitif. Jangan minder karena kuliah di kampus swasta, karena diluar sana banyak beasiswa yang bisa kita perjuangkan,” pungkas Saiful.

 

 

Shared: