Banjir Melanda Kota Malang?? Ini Kata Dosen Hidro Teknik Sipil UMM

Kamis, 18 Januari 2024 02:36 WIB

Banjir merupakan fenomena alam dimana daerah atau daratan yang biasanya kering tergenang air. Secara sederhana, banjir dapat didefinisikan sebagai meluapnya air dalam jumlah besar ke lahan yang biasanya kering. Banjir bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti hujan berlebihan, meluapnya sungai dan lain nya.

Banjir di Kota Malang merupakan fenomena baru dalam beberapa tahun terakhir, banyak pertanyaan yang muncul hal ini dikarenakan Malang terletak di daerah dataran tinggi yaitu 506 meter dari permukaan laut.

Faktor seperti hujan pun turut diperhitungkan apalagi hujan deras yang terjadi belakangan ini menyebabkan sejumlah ruas jalan dan pusat perbelanjaan terendam banjir. Ketinggan luapan air juga berbeda-beda. Di beberapa tempat, air bisa mencapai pinggang orang dewasa.

Dalam wawancara bertajuk “Banjir di Wilayah Kota Malang”, Dosen Hidro Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang. Bapak Dr. Ir. Sulianto, MT mengatakan faktor geografis dan topografi menjadi pertimbangan utama selain itu perubahan iklim juga mungkin menjadi penyebab banjir dengan memengaruhi pola hujan dan intensitas curah hujan.

Menurut Bapak Dr. Ir. Sulianto, MT. perubahan tata guna lahan dan urbanisasi juga mungkin berperan dalam banjir dan untuk menangani hal tersebut diperlukan analisis hidrologi dan hidrogeologi untuk memahami aliran air di wilayah tersebut dimana pembangunan infrastruktur terhadap aliran air seperti drainase. Lalu pentingnya melibatkan pihak berwenang dan masyarakat dalam pengelolaan risiko banjir serta kerjasama lintas sektoral antara pemerintah, akademisi, dan masyarakat.

Shared: