INTERSTELLAR TEAM Meraih 2 Juara Sekaligus dalam Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) 2022

Kamis, 24 November 2022 08:31 WIB

Perwakilan mahasiswa dari prodi Teknik sipil Universitas Muhammadiyah Malang berhasil meraih 2 juara sekaligus dengan perolehan Juara 3 pada KBGI Kategori Beton Pracetak 2022 dan Juara Kategori Khusus Bangunan Gedung dengan Material Inovatif untuk Pengembangan Metropolitan pada KBGI 2022 yang diselenggarakan di Universitas Tarumanegara Jakarta. Mereka adalah Rizal Maulana Mulya dan ady Palawae yang tergabung dalam INTERSTELLAR TEAM.

Kompetisi bangunan Gedung Indonesia merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristekdikti) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Dengan bertujuan mendorong dan menumbuh-kembangkan motivasi (minat) mahasiswa dalam bidang rancang-bangun bangunan gedung dengan memperhatikan unsur kreativitas di dalam desainnya, selain kehandalan di dalam menahan bencana gempa bumi serta untuk memperkenalkan penggunaan material baja canai dingin dan kayu sebagai komponen struktural khususnya untuk bangunan Gedung. Lomba ini dilaksanakan pada 17-21 November 2022. Lomba ini diselenggarakan di Universitas Tarumanegara Jakarta dan dilaksanakan secara luring. Penentuan juara dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama yaitu seleksi proposal, setiap perguruan tinggi wajib mengirimkan proposal dengan lengkap untuk Kategori Beton Pracetak. Finalis yang kemudian diundang oleh Panitia untuk mempresentasikan Proposal hasil desainnya dan mengkonstruksi model bangunan gedung di lokasi Tuan Rumah Perguruan Tinggi Penyelenggara Universitas Tarumanegara Jakarta.

Setelah lolos tahap seleksi peserta yang lolos akan menjadi finalis dan diharuskan untuk membuat model bangunan dengan skala 1:50 untuk struktur Beton Pracetak dari bangunan Gedung bertingkat dengan ukuran sebenarnya (rill) untuk dapat maju ke tahap penilaian. Adapun komponen penilaian dengan memperhatikan bangunan Gedung dengan material inovatif untuk pengenmbangan metropolitan, kreativitas dalam rancang-bangun, kesesuaian implementasi terhadap design, dan metode pelaksanaan konstruksi. Pada saat pengumuman pemenang INTERSTELLAR TEAM menduduki peringkat 3 dan memperoleh Juara Kategori Khusus Bangunan Gedung dengan Material Inovatif untuk Pengembangan Metropolitan pada Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanegara.

Shared: