WORKSHOP EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN MONEV PENJAMINAN MUTU PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL

Selasa, 06 Februari 2024 02:53 WIB

 

 

Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan Workshop Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dan Monev Penjaminan Mutu Program Studi Teknik Sipil pada (Jumat, 2 Februari 2024) di Royal Orchid Garden Batu. Pada Workshop kali ini Program Studi Teknik Sipil membahas mengenai :

  1. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan mata kuliah Basic Science dan Matematika syarat IABEE
  2. Peninjauan dan Pemutakhiran RPS
  3. Monitoring evaluasi dan pelaporan hasil pengukuran CPMK dan CPL setiap semester.
  4. Penyampaian Hasil Tinjauan Manajemen Program Studi
  5. Pemaparan Renop Program Studi

Dalam rangka menghadapi tantangan masa depan dan Proses akreditasi Program Studi, baik LAM-Tek maupun IABEE membutuhkan penunjang atau elemen-elemen tertentu untuk memastikan standar dan kriteria yang ditetapkan terpenuhi. Penunjang akreditasi dapat mencakup berbagai aspek, tergantung pada jenis organisasi atau program yang sedang diakreditasi. Agenda Workshop ini melibatkan seluruh dosen Program Studi Teknik Sipil dan di dalam forum tersebut, dosen - dosen Program Studi Teknik Sipil saling menyampaikan pendapat yang ditujukan untuk mengevaluasi dan mencari solusi terhadap masalah dan tantangan Program Studi Teknik Sipil kedepannya. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa dalam rangka untuk mencapai hal tersebut perlu di lakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang ketat.

Proses belajar mengajar pada tahun 2023/2024 Program Studi Teknik Sipil menerapkan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE). Kurikulum ini adalah pendekatan pendidikan yang menempatkan penekanan pada hasil atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang diharapkan dari proses pendidikan, daripada hanya fokus pada konten atau materi pelajaran. Dalam OBE, tujuan pembelajaran yang diinginkan ditetapkan terlebih dahulu, dan kurikulum serta metode pengajaran didesain untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Dengan adanya Workshop ini diharapkan Program Studi Teknik Sipil dapat berkembang dengan baik dan bisa mencapai target yang akan dicapai di masa mendatang.

 

 

 

 

Shared: