Merajai Dunia Konstruksi dengan Menguasai Software Teknik Sipil, dijamin Ampuh 100%

Sabtu, 23 September 2023 03:44 WIB

Tingginya permintaan tenaga kerja lulusan Teknik Sipil di sektor konstruksi dan industri, membutuhkan lulusan yang professional dibidangnya salah satunya adalah wajib menguasai software untuk membantu produktivitas pekerjaan.

Penguasaan software adalah tuntutan utama bagi seorang engineer dalam dunia kerja tak terkecuali bagi para insinyur Teknik sipil. Berikut beberapa software yang memudahkan dalam pekerjaan konstruksi :

AutoCAD

 

AutoCAD adalah aplikasi desain CAD untuk menggambar dua dimensi maupun tiga dimensi. Program ini berjenis CAD (Computer-aided Design) yang dapat membantu pembuatan, modifikasi, analisis, atau pengoptimalan desain. Dengan software AutoCAD desainer akan lebih produktif, meningkatkan kualitas desain, memudahkan komunikasi melalui dokumentasi, dan untuk membuat database manufaktur dalam bentuk dua dimensi (2D) maupun tiga dimensi (3D).

Sap2000

Sebagai salah satu software yang digunakan teknik sipil, SAP 2000 bisa membantu dalam pekerjakan perencanaan struktur bangunan yang diantaranya adalah: menghitung momen mekanika teknik pada struktur bangunan, menghitung konstruksi baja (kolom, balok, dan plat lantai) dan menghitung konstruksi baja.

HEC-RAS

HEC-RAS merupakan program aplikasi untuk memodelkan aliran di sungai, River Analysis System (RAS), yang dibuat oleh Hydrologic Engineering Center (HEC) yang merupakan satu divisi di dalam Institute for Water Resources (IWR), di bawah US Army Corps of Engineers (USACE). HEC-RAS merupakan model satu dimensi aliran permanen maupun tak permanen (steady and unsteady onedimensional flow model).

ETabs

Program aplikasi computer ETABS merupakan alat bantu sarana untuk melakukan perhitungan struktur gedung. Program ini sangat membantu dalam proses untuk melakukan analisis pada bangunan gedung. Dengan menggunakan alat bantu ini maka proses perhitungan struktur menjadi lebih cepat dengan tingkat ketelitian yang tinggi.

Plaxis

Plaxis adalah aplikasi yang diperuntukan untuk kamu yang tertarik ilmu geoteknik. Dengan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan informasi perihal stabilitas lereng lokasi proyek untuk mencegah longsor dan berbagai runtuhan yang tidak diinginkan.

 

AutoCAD Civil 3D

AutoCAD Civil 3D adalah aplikasi atau software berbasis komputer yang memeiliki kegunaan diantaranya untuk mendesain perencanaan geometrik jalan yang memiliki hasil output berupa gambar rencana dari perencanaan geometrik jalan.

 

Sketchup

      SketchUp merupakan program aplikasi berbasis desain gambar pemodelan 3D yang mudah dan powerfull, dirancang untuk arsitek, civil engineer. Software yang dikembangkan Google ini digunakan untuk membuat berbagai jenis model, desain rumah dan interior. Software ini sangat mudah digunakan dan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di Google 3D Warehouse.

3D Max

3ds MAX  adalah suatu program standar pembuatan modelling, rendering dan animasi yang berbasis Windows. Merupakan software aplikasi 3 dimensi yang banyak digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object (rendering/hasil akhir kerja 3ds MAX) baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior design secara realistik dan aktratif), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan objek animatif.

 

Shared: