LSO SURYA TEAM 2024, MERAI JUARA 3 dalam LOMBA CEIC (Civil Engineering Innovation Contest) season 12 yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro.

Kamis, 09 Mei 2024 03:10 WIB

LSO SURYA TEAM. Lagi-lagi mencetak juara, kali ini salah satu Team mereka yang beranggotakan tiga orang yang terdiri dari ketua team Raihan Reynaldi dan anggota team Viego Dwi Herlianto dan Maghfiroh Dwi Rizkayanti.

Mereka meraih Juara 3 dalam Perlombaan Lomba CEIC ( Civil engineering Innovation Contest season 12 yang diselenggarakan olah universitas Diponegoro, lomba yang kami ikutin di cabang Internasional BIM innovation contest atau IBIC.

Lomba ini di adakan di Semarang tepatnya di Universitas Diponegoro, mereka melakukan Pendaftaran pada tanggal 15 Januari – 22 Februari 2024, rilis study case pada tangga 27 February 2024 dilanjutkan dengan teknikal meeting tanggal 28 February 2024. Waktu pengerjaan lomba sekitar 1 bulan dengan proposal perlombaan dikumpulkan terakhir pada tanggal 29 Februari 2024. Pengumuman finalis dan rilis tor final di umumkan pada tanggal 16 April 2024, dilanjutkan dengan teknikal meeting finalis pada tanggal 17 April 2024. Setelahnya mereka diminta untuk mengerjakan ppt poster dan video yang digunakan untuk presentasi pada tahap final yang dikumpulkan pada tanggal 3 Mei 2024. Presentasi final diadakan di universitas Diponegoro langsung pada tanggal 4 Mei 2024 dengan awarding pada tanggal 5 mei 2024.

Saat kami menanyakan mengapa mereka ingin mengikuti perlombaan ini salah satu anggota team mengatakan, Untuk menguji kemampuan kami dalam perlombaan teknik sipil, mendapatkan pengalaman baru agar mampu mengasah pengetahuan kami, sekaligus memperluas jaringan - Maghfiroh Dwi Rizkayanti-

Persiapan yang di lakukan oleh team ini hingga bisa mendapatkan juara pada perlombaan ini, pada tahap awal perlombaan mereka harus bisa memahami study case yang telah di berikan oleh penyelenggara lomba, setelah mereka memahami mereka sebagai tim membagi pekerjaan  yang harus dikerjakan sesuai dengan keahliannya masing-masing, dalam proses pengerjaannya mereka melakukan pertemuan 2 kali seminggu untuk mmebahas sejauh mana perkembangan dari proses setiap anggota. Setelah mereka menyelesaikan semua file-file yang dibutuhkan mereka mengirimkan hasilnya pada penyelenggara dalam TOR. Setelah menunggu tim mereka lolos hingga tahap finalist yang menjadi ajang selanjutnya pada tahap perlombaan ini yang dimana mereka harus mendatangi tempat perlombaan yaitu di Universitas Diponegoro, Semarang.

Pada tahap finalist seluruh tim diminta untuk membuat poster, video, dan juga powerpoint untuk mempresentasikan seluruh pekerjaan yang tela mereka kerjakan. Dalam prosesnya mereka membagi lagi pekerjaan-pekerjaan tersebut, yaitu Rizka yang fokus untuk mempersiapkan point-point /pokok pembahasan yang akan kita keluarkan baik dari poster, video maupun powerpoint. Lalu Viego bertanggung jawab untuk rendering maupun landscaping terhadap model bangunan yang telah kami buat agar mampu memvisualisasikan secara estetik. Untuk Raihan bertanggung jawab dalam segi desain grafis dan juga editing pada pembuatan poster dan juga video. Dalam mempersiapkan presentasi kepada dewan juri, mereka melakukan latihan secara setiap hari dalam seminggu agar mampu dan terbiasa presentasi didepan juri nantinya. Dalam proses ini mereka juga dibantu oleh teman-teman Surya Team untuk mendapatkan saran apa saja yang kurang dalam presentasi agar mendapatkan hasil yang maksimal didepan dewan juri, dan agar lebih familiar terhadap jawaban yang akan dilontarkan oleh para dewan juri. Setelah proses tersebut selesai mereka berangkat ke Semarang, berangkat dengan percaya diri dan optimis agar mampu membawa nama Universitas Muhammadiyah Malang. Dan Ya...!!!

Alhamdulillah mereka mendapatkan juara 3 pada kategori International BIM Innovation Contest.

Shared: