KULIAH TAMU

Kamis, 22 Februari 2024 11:12 WIB

Pada Senin, 19 Februari 2024 Program Studi Teknik Sipil melaksanakan Kuliah Tamu yang bertempat di Theater Dome UMM dengan pemateri Ir. Hendi Bowoputro, ST., MT. Selaku Ka. Lab Transportasi dan Jalan Raya Universitas Muhammadiyah Malang dan Yuono Setyowibowo, ST., MT. selaku Principal Arcitech at PT. Cipta Mulya Insani.

Kuliah Tamu ini bertema Civil Engineering Practices in Building a Sustainable Future. Pada acara ini Ir. Hendi Bowoputro, ST., MT dan Yuono Setyowibowo, ST., MT. selaku pemateri menyampaikan penjelasan yang sangat menarik dimana pada saat ini banyak isu isu yang sedang hangat dalam dunia sipil. Salah satunya adalah tentang Green Building. Green Building sendiri yaitu merupakan konsep bangunan yang dirancang, dibangun, dan dioperasikan untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan dalam hal efisiensi sumber daya, efisiensi energi, dan dampak lingkungan yang lebih rendah. Konsep ini semakin relevan saat ini karena meningkatnya kesadaran akan pentingnya perlindungan lingkungan dan keberlanjutan. Penerapan konsep bangunan hijau bukan hanya tentang membangun struktur fisik, tetapi juga tentang mengadopsi praktik operasional yang berkelanjutan dalam pengelolaan bangunan. Dengan demikian, green building menjadi sebuah pendekatan holistik dalam membangun dan mengelola bangunan untuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Menurut Yuono Setyowibowo, ST., MT. peran mahasiswa Teknik Sipil berperan penting demi berkembangnya konsep green building di masa mendatang. Oleh karena itu beliau menghimbau agar mahasiswa belajar dan menyerap materi sebaik mungkin dan membuka mata untuk mulai fokus untuk mendalami tentang green building agar dimasa mendatang konsep ini bisa bekembang dengan pesat untuk mengurangi global warming.

Ada pula membahas mengenai transportasi massal pada saat ini yang sedang berkembang. Hal ini disampaikan oleh Ir. Hendi Bowoputro, ST., MT. Menurut beliau transportasi massal di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan, meskipun masih banyak tantangan yang perlu diatasi. Adapun beberapa tantangan yang dihadapi saat ini antara lain :

  • Infrastruktur yang Kurang Memadai.

Infrastruktur transportasi massal seperti jaringan rel kereta api, jalur bus khusus, dan stasiun/stops yang memadai masih perlu diperluas dan ditingkatkan untuk mendukung pengembangan transportasi massal.

  • Kesadaran dan Kebiasaan Masyarakat

Masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi massal karena alasan kenyamanan, kecepatan, dan privasi. Perlu adanya sosialisasi dan edukasi untuk mengubah kebiasaan ini.

  • Integrasi Antar Moda Transportasi

Integrasi antar moda transportasi yang belum optimal juga menjadi tantangan. Diperlukan koordinasi yang baik antara bus, kereta api, angkutan kota, dan moda transportasi lainnya agar masyarakat dapat beralih antar moda transportasi dengan mudah.

  • Keselamatan dan Keamanan

Keamanan dan keselamatan pengguna transportasi massal juga menjadi isu penting. Perlu adanya upaya untuk meningkatkan keamanan di dalam kendaraan dan di sekitar stasiun/stops.

Penjelasan dari para pemateri sangat relevan pada isu isu yang ada pada saat ini. Dengan adanya kuliah tamu ini diharapkan para peserta bisa memahami hal hal yang perlu perhatian dan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada dimasa mendatang sebagai engineering yang berkompeten dan tanggap terhadap isu isu, baik terhadap sarana transportasi maupun lingkungan.

 

Shared: